Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Kemenhub Percepat Pembangunan 2 Proyek di IKN

JAKARTA | RMN Indonesia

Kementerian Perhubungan mempercepat dua proyek prioritas di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kedua proyek yang dimaksud adalah autonomous rail transit (ART) atau kereta tanpa rel dan Bandara VVIP IKN.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, mengatakan bahwa kedua proyek prioritas itu masih berjalan sesuai rencana.

“Rencana kita sekarang terdekat ART sama bandara. ART terakhir kita meeting dengan deputi (OIKN),” tuturnya di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, dikutip, Rabu (5/6).

Adita memastikan bahwa mundurnya Kepala OIKN Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe tidak menganggu progres proyek-proyek Kemenhub di IKN. Karena semua proyek dipastikan berjalan sesuai rencana.

“ART so far semuanya on track dan bandara juga kita jalan sesuai progres dan rencana. Itu gada masalah,” jelasnya.

Di ketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan seiring selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, pihaknya berencana untuk melakukan uji coba implementasi ART di ibu kota baru pada Agustus 2024 nanti.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART. Insya Allah, dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti,” tutur Budi Karya dalam keterangan tertulis, Senin (3/6).

Ia menjelaskan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, dengan satu lajur khusus yang nantinya akan digunakan untuk bus dan ART. Menurutnya, jalan yang sudah selesai dibangun ini punya tekstur yang sangat halus.

Untuk proyek Bandara VVIP di IKN, Kemenub bertanggung jawab untuk membangun terminal. PUPR bertugas membangun runway atau landasan pacu Bandara VVIP IKN.

Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan. Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles