Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Copa America Panama Cetak Sejarah

Panama City| RMN Indonesia

Panama mencetak sejarah baru dalam dunia sepak bola dengan melaju ke Perempat final Copa America untuk pertama kalinya. Panama berhasil mengalahkan Bolivia dengan skor meyakinkan 3-1 pada pertandingan grup C yang berlangsung Selasa (2/7/2024) WIB.

Kekalahan Bolivia ini juga berdampak pada tersingkirnya Amerika Serikat dari turnamen.

Panama akan menghadapi pemenang grup D di babak perempat final, yang kemungkinan besar adalah Brasil atau Kolombia.

José Fajardo, yang mencetak gol dalam dua pertandingan berturut-turut, membuka keunggulan Panama pada menit ke-22. Gol ini mengangkat semangat tim dan para pendukungnya.

Bruno Miranda sempat menyamakan skor untuk Bolivia pada menit ke-69, gol yang membuat posisi Panama sementara tergeser ke posisi ketiga, di bawah Amerika Serikat. Namun, Eduardo Guerrero memastikan kemenangan Panama dengan golnya pada menit ke-79, mengembalikan Panama ke posisi kedua di grup C. César Yanis menambahkan gol ketiga pada menit pertama waktu tambahan, mengunci kemenangan bersejarah Panama.

Di bawah asuhan pelatih Denmark, Thomas Christiansen, Panama lolos ke Copa America untuk kedua kalinya dan kini mencapai pencapaian yang luar biasa dengan lolos ke perempat final.

Pertandingan ini juga mencatat sejarah dengan adanya kru wasit lapangan pertama yang seluruhnya perempuan di Copa America. Edina Alves dari Brasil, bersama asistennya Neuza Back dari Brasil dan Mary Blanco dari Kolombia, memimpin jalannya pertandingan dengan profesionalisme tinggi.

Gol pertama Fajardo terjadi ketika ia menyelesaikan sundulan Christian Martínez di dekat titik penalti dan melepaskan tendangan voli melewati kiper Bolivia, Guillermo Viscarra, untuk gol internasionalnya yang ke-12.

Sementara itu, Miranda mencetak gol pertama Bolivia di turnamen ini dengan menerima umpan dari Ramiro Vaca dan melepaskan tembakan yang tidak dapat dijangkau kiper Panama, Orlando Mosquera.

Guerrero memastikan kemenangan dengan sundulan pada menit ke-79 setelah menerima umpan silang dari Éric Davis. Yanis, yang masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol hanya beberapa detik setelah masuk lapangan, menyelesaikan sundulan Guerrero dan menempatkan bola ke sudut atas gawang.

Panama bermain tanpa Adalberto Carrasquilla yang mendapat kartu merah karena pelanggaran sembrono terhadap Christian Pulisic di pertandingan sebelumnya melawan Amerika Serikat. Amerika Serikat sendiri harus tersingkir dari turnamen setelah kalah 0-1 dari Uruguay pada laga lainnya.

Uruguay menduduki peringkat pertama grup C dengan catatan tak terkalahkan dalam tiga pertandingan. (bs)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles