Selasa, Juli 23, 2024
spot_img

Daihatsu Terios 7 Wonders Eksplorasi Pesona dan Kearifan Lokal Lombok

JAKARTA | RMN Indonesia

 Sebagai salah satu program ikonik petualangan khas yang bertujuan untuk mengeksplorasi kekayaan alam dan ragam budaya nusantara, Daihatsu melalui program Terios 7 Wonders melakukan eksplorasi pesona keindahan alam Lombok, Nusa Tenggara Barat yang bertema Lombok Exploration pada 3 – 6 Oktober 2023.

Selain untuk mempromosikan keindahan dan pesona Indonesia, program ini sekaligus membuktikan ketangguhan dan performa Daihatsu Terios dalam melintasi berbagai kondisi medan jalan di Indonesia.

Pada petualangan selama 4 hari dengan rute sejauh sekitar 320 KM ini, tim ekspedisi menjelajahi 7 destinasi, dimulai dari Desa Adat Ende; Bukit Seger; Tanjung Bloam; Pantai Pink; Bukit Pergasingan; Desa Senaru; dan Air Terjun Sendang Gile.

Pada hari pertama, tim ekspedisi mengunjungi WONDERS 1 menuju Desa Adat Ende. Desa Adat Ende merupakan salah satu desa wisata tradisional yang terletak di sebuah dusun di desa rambitan, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok tengah.

Desa ini dihuni oleh 30 kepala keluarga dengan total sekitar 130-an penduduk yang merupakan suku Sasak. Kedatangan tim ekspedisi Terios 7 Wonders turut disambut oleh masyarakat setempat, sekaligus menampilkan atraksi adat tarian perang oleh warga desa Ende.

Sebagian besar warga di sana bermata pencaharian sebagai petani, peternak dan penenun, serta terus mempertahankan adat sesuai dengan kebudayaan desa seperti kesenian alat musik genggong dan perisaian. Bale tani merupakan keunikan dari rumah suku sasak di Desa Adat Ende ini, Bali berarti rumah, tani berarti petani dalam bahasa suku Sasak.

Masih di hari yang sama, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya menuju Wonders 2, yaitu Bukit Seger yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujuk. Perjalanan melalui medan tanah dan tanjakan yang cukup curam tetap dapat dilintasi dengan aman. Karena Terios memiliki fitur HSA (Hill Start Assist) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan, ditambah ground clearance setinggi 220 mm, membuat Terios dapat melewati berbagai kondisi jalan dan cocok digunakan untuk aktivitas berpetualang.

Pada destinasi di Bukit Seger ini, tim ekspedisi Terios 7 Wonders sekaligus menikmati indahnya pemandangan pantai sekaligus menikmati sunset atau matahari terbenam yang bersebelahan dengan sirkuit internasional Mandalika menyuguhkan panorama yang indah dan mempesona.

Perjalanan selanjutnya di hari ke-2, tim ekspedisi melanjutkan eksplorasi Wonders 3 dengan melewati rute jalan yang belum beraspal, bergelombang dan menanjak menuju Tanjung Bloam. Perjalanan dengan jarak sekitar 60 KM dari penginapan di Pantai Kuta menuju Tanjung Bloam, tim ekspedisi menikmati lukisan alam yang menakjubkan dengan pemandangan batuan cadas, dengan dua buah tebing batuan cadas yang mengapit tanjung bloam ini terkenal dengan batu pasir serta menjadi salah satu spot terbaik dalam menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit.

Selanjutnya, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya menuju Wonders 4, yaitu pantai Pink, yang berlokasi tak jauh dari Tanjung Bloam dan hanya berjarak sekitar kurang dari 6 KM saja. Pantai Pink ini merupakan salah satu pantai di Indonesia yang mempunyai pasir berwarna Pink atau merah muda dan terletak di Dusun Temeak, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai ini terkenal dengan pasir berwarna pink dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk mencari ketenangan di pantai ini.

Setelah itu, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya menuju Sembalun dengan estimasi perjalanan sekitar 5 Jam dengan jarak 90 KM. Pada perjalanan panjang tersebut, fitur wireless charging pada Daihatsu Terios sangat membantu tim ekspedisi untuk menjaga smartphone pengguna tetap aktif.

Sebagaimana diketahui, Petualangan Terios 7 Wonders tahun ini memasuki tahun ke-10, setelah sebelumnya sukses menjelajahi area Sumatera pada tahun 2012; disusul Jawa (2013); Sulawesi (2014); Kalimantan (2015); Flores (2016); Maluku Utara (2017); Maluku Selatan (2018); Bengkulu, Pontianak, dan Kolaka (2019); serta Kalimantan Timur, Sumba, dan Baubau (2022).

“Kami bersyukur, Daihatsu dapat mengajak pelanggan atau masyarakat umum secara perdana untuk dapat merasakan langsung serunya berpetualang bersama Daihatsu Terios 7 Wonders. Program ini ditujukan juga sebagai bentuk komitmen Daihatsu untuk mendukung dan mempromosikan keindahan alam Indonesia dan ragam budayanya kepada masyarakat luas sesuai dengan tema Sahabat Petualang Indonesia, sekaligus membuktikan ketangguhan performa Terios dalam dibawa berpetualang melintasi berbagai kondisi medan jalan di Indonesia,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor. (Pur)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles