Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

MRT Jakarta akan Bangun Depo Baru di Ancol

JAKARTA | RMN Indonesia

PT MRT Jakarta (Perseroda) akan membangun depo kereta baru. Ini menjadi bagian dari pembangunan proyek MRT fase 2B Kota-Ancol.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Weni Maulina mengatakan bahwa pembangunan depo kereta akan menggunakan hasil lahan reklamasi.

“Lahan reklamasi yang akan digunakan sebagai depo MRT sudah siap, tetapi nantinya pasti akan ada perbaikan tanah serta persiapan lainnya,” ujar Weni dikutip, Kamis (26/10/2023).

Di jelaskan, MRT Jakarta saat tengah mempersiapkan dokumentasi serta administrasi yang dibutuhkan untuk pembangunan MRT Fase 2B, termasuk deponya. Untuk itu, pihaknya akan bekerjasama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dan Pemrograman DKI terkait kelanjutannya.

“Kami bersama Pembangunan Jaya Ancol dan Pemprov DKI sedang menyiapkan proses-proses untuk follow up yang mencakup perizinan, pendanaan, kemudian studi-studi lanjutan termasuk basic engineering design,” katanya.

Weni menuturkan, depo baru ini nantinya diperkirakan dapat menampung sekitar 30 rangkaian kereta (trainset) MRT. “Ini bisa menampung lebih dari 30 kereta. Karena kita punya merencanakan ke depan headway-nya bisa turun hingga 3 menit,” katanya.

Sebelumnya proyek MRT fase 2B Kota-Ancol masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study). “Jadi kita mau bergerak ke arah menyiapkan basic engineering design-nya dan kita sedang mencari konsultan untuk melakukan basic engineering design untuk pembangunan depo dari Kota ke arah Ancol,” katanya.

Setelah tahapan design engineering dan tender, lanjut Weni, akan dilanjutkan dengan tahapan mencari kontraktor mulai tahun depan. Kemudian, pengerjaan pembangunannya itu baru dimulai pada 2026 dan akan selesai pada 2032. MRT Jakarta juga sedang melakukan negosiasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk terkait dengan lahan yang digunakan. (jr/you)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles