Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Tapera Menuai Kecaman, Ombudsman Bergerak

JAKARTA | RMN Indonesia

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) masih menuai kecaman publik. Ombudsman sebagai lembaga yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik berkomitmen memantau Badan Pengelola (BP) Tapera.

Anggota Ombudsman Indonesia Yeka Hendra Fatika mengatakan, pihaknya telah melihat upaya BP Tapera untuk pencegahan atau mitigasi menjaga dana masyarakat dan memberikan kepercayaan masyarakat. Ia juga memastikan tidak ada dana masyarakat yang hilang di BP Tapera.

“Perlu saya sampaikan, tidak ada persoalan terkait dana Bapertarum raib, nggak ada tuh, kami cek, tadi sudah cek, ada nggak kasus dana Bapertarum raib? Enggak,” tutur Yeka usai menghadiri pertemuan dengan BP Tapera, Jakarta, dikutip Senin (10/9).

Ia menjelaskan, selama ini BP Tapera menyimpan dan mengelola dana masyarakat secara aman dengan penerapan klasifikasi yang ketat untuk manajer investasi. Dana yang dikelolanya selama ini diinvestasikan dalam bentuk deposito dan surat berharga negara (SBN), bukan saham.

“Jadi kalau seandainya ada kekhawatiran masyarakat bahwa pengelolaan dana di Tapera sekarang ini tidak amanah, maka tadi kami sudah berdiskusi sebanyak dua jam, dan kami sudah pastikan insyaallah hal itu di masa lalu tidak terjadi,” jelasnya.

Pihaknya masih terus mengawasi penetapan manajer investasi ke depannya. Karena pihaknya melihat ada peluang penyelewengan apabila aturan tersebut telah dijalankan.

Di sisi lain, dia juga meminta BP Tapera untuk mengembalikan dana pensiun masyarakat tanpa harus melalui Ombudsman. Dia juga mengimbau agar BP Tapera berhati-hati dalam menerapkan skema wajib aturan tersebut.

“Yang kedua kami tentunya nanti di sini akan mengawasi proses penetapan manajer investasi karena itu nanti akan yang terberat proses di sininya.Kehadiran Ombudsman juga mau mendampingi BP Tapera, hati-hati dalam menerapkan kata wajib ini,” imbuhnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles