Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Stok Gula Aman, Tapi Harga Masih Naik

JAKARTA | RMN Indonesia

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memastikan stok gula dalam kategori aman tahun 2023 . Meski stok terbilang aman, namun belum membentuk harga gula yang saat ini masih mengalami kenaikan.

“Ketersediaan gula cukup sampai dengan akhir tahun. Kita jaga bersama availabilitynya (ketersediaan),” ujar Arief, dikutip okezone.com, Rabu (22/11/2023).

Ia menyebutkan, pemerintah saat ini masih mendorong importasi gula dalam rangka menjaga stok gula dalam negeri, terutama buat perusahaan yang telah mendapatkan persetujuan impor dari pemerintah.

“Kami terus mempercepat importasi dari perusahaan perusahaan yang sudah dapat PI (persetujuan impor),” katanya.

Di ketahui, berdasarkan panel harga Bapanas, harga gula konsumsi berada di angka Rp16.890/kg atau naik 0,36%. Bahkan harga gula konsumsi jika dibandingkan dengan bulan Oktober sendiri sudah naik Rp1.330 dari Rp15.560/kg pada bulan Oktober.

Sementara itu, pengamat pangan Institut Pertanian Bogor Dwi Andreas Santosa mengatakan, harga gula di pasar global secara tahunan sudah naik sekitar 50% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Itu disebabkan terkereknya harga gula nasional karena mayoritas masih dipenuhi dari impor

Berdasarkan data dari Bank Dunia (World Bank), pada September 2023 lalu harga gula mentah global berada diangka USD0,58 atau setara Rp8.953 (asumsi kurs Rp15.441). Harga tersebut melonjak sekitar 48,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Harga gula internasional saat ini itu hampir 50% lebih tinggi jika dibandingkan harga gula tahun lalu, jadi kenaikannya relatif tinggi sampai 50-an persen,” katanya.

Kenaikan harga gula dunia, lanjut Dwi Andreas, tentunya berdampak pada kenaikan harga gula dalam negeri. Mengingat saat ini 70% kebutuhan gula Indonesia dipenuhi oleh impor.

“Dalam arti 70% kebutuhan gula kita berasal dari impor, sehingga pasti ketika harga gula internasional bergejolak, pasti akan sangat bepengaruh terhadap harga di Indonesia, itu sudah clear lah,” ujarnya. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles