Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Pertamina Luncurkan 2 Kapal Tanker Baru

JAKARTA | RMNIndonesia

Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan dua kapal tanker gas rakasasa, di Korea Selatan, Selasa (9/1/2024). Dua kapal tipe very large gas carrier (VLGC) yang diluncurkan adalah Pertamina Gas Tulip dan Pertamina Gas Bergenia.

Direktur Utama PIS Yoki Firnandi mengatakan, nama yang diberikan menjadi simbol kerja sama PIS dengan BGN International.

“Ada 2 VLGC yang diberi nama Pertamina Gas Tulip dan Pertamina Gas Bergenia. Pertamina Gas Tulip, ini bunga nasional Turki dan memiliki simbol keindahan. Kedua, Pertamina Gas Bergenia sebagai simbol kekuatan. Harapannya ini dapat mempererat kolaborasi Pertamina dengan BGN,” tuturnya, seperti disiarkan di live Instagram PIS @pertaminainternationalshipping, dikutip, Selasa (9/1).

Menurut Yoki, kapal tersebut bertugas mengangkut komoditas LPG dan memiliki panjang 250-300 meter. Dengan begitu kapal ini  diperkirakan setara 2-3 kali lapangan bola.

Dikutip dari salah satu postingan Instagram PIS, VLGC tersebut punya kapasitas 100-200 ribu meter kubik. PIS menyebut hal ini menunjukkan keseriusan perusahaan untuk terus tumbuh dan bersaing secara global.

“Kapal tanker gas raksasa ini mengangkut komoditas LPG, dengan memiliki panjang 250-300 meter atau setara 2-3x lapangan bola. VLGC juga memiliki kapasitas 100 ribu-200 ribu meter kubik,” tulis Instagram PIS.

“Hal ini menunjukkan keseriusan PIS untuk terus tumbuh sebagai perusahaan maritim nasional yang mampu bersaing di pasar global,” tambahnya.

Kapal juga menggunakan dual fuel, yaitu BBM rendah sulfur dan Gas. VLGC milik PIS juga mampu mengangkut komoditas ammonia dan komoditas gas yang berperan penting dalam transisi energi.

PIS juga menyebut kapal VLGC terbarunya ramah terhadap lingkungan. Hal ini demi mendukung komitmen keberlanjutan dan transisi energi. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles