Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Arus Balik Mudik KA DAOP I Masih Tinggi

JAKARTA | RMN Indonesia

Arus balik mudik pengguna KA jarak jauh yang tiba di area DAOP 1 Jakarta, masih relatif tinggi dengan volume mencapai 47 Ribu Lebih. Sementara volume keberangkatan berangsur-angsur normal.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, sejak 12 April 2024 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini Selasa 16 April 2024 terdapat sekitar 47.213 pengguna yang tiba.

Dari jumlah tersebut 18.600 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 14.400 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.450 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.350 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4).

Ia menambahkan, KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun. Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba.

“Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” ungkap Ixfan.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, lanjut Ixfan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

“Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya,” tambah dia.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles