Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Menhub Upayakan Pelabuhan Ramah Lingkungan

JAKARTA | RMNIndonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya berupaya menekan emisi karbon di bidang pelayaran. Salah satu caranya dengan penerapan Maritime Single Window.

“Indonesia juga mendongrak jumlah pelabuhan untuk menjadi pelabuhan ramah lingkungan,” tuturnya, dikutip Kamis (30/11/2023)

Menurutnya, dalam meningkatkan otomasi dan digitalisasi pelayaran, Indonesia telah menerapkan sistem Maritime Single Window dan meningkatkan jumlah pelabuhan yang cerdas dan berkelanjutan.

“Indonesia secara aktif terlibat dalam pengembangan Marine Autonomous Surface Ships Code,” kata Budi Karya.

Dalam hal ini, Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI membantu pemerintah melobi Indonesia dalam proses pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO.

“Sebagaimana diamanatkan Menteri Perhubungan RI bahwa seluruh delegasi Indonesia yang ditugaskan, untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menggalang dukungan dan mendapatkan suara dari negara lain, dan BKI masuk sebagai salah satu delegasi Pemerintah Indonesia,” ujar Direktur Operasi IDSurvey/BKI Benny Susanto.

Sekadar informasi, BKI dengan  sejumlah delegasi Indonesia mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pertemuan International Maritime Organization (IMO) di London Selasa (28/11/2023).

Acara ini melibatkan delegasi dari sejumlah Kementerian dan Lembaga serta stakeholder terkait sebagai tim lobby pemenangan Indonesia untuk kembali terpilih menjadi anggota dewan IMO. (jr)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles